Minggu, 23 Januari 2011

Tak Ada Kata Terlambat

     Suatu hari ketika mengajar bahasa Indonesia saat itu materinya tentang " Membaca Cerita " kebetulan penghuni kelasnya mujahid semua,...saya bertanya " siapa yang suka membaca buku cerita ? "..dgn serempak mereka menjawab........" tidaaaaaaaaaaaaaak suka " pertanyaan diulangi lagi  " siapa yg di rumah punya buku ceria / kartun / komik ? "....dengan lagu yg sama mereka menjawab " tidak punya " ketika  di tanya mengapa mereka tidak suka  dengan berbagai dalih dan alasan mereka ungkapkan yang intinya sich.....mereka malas untuk membaca....akhirnya................ketika keluar pertanyaan " Apa yg kamu senangi/sukai?" hm......hm....hm.....luar biasa .mereka semua menjawab dengan suara yang lantang...mau tahu jawabannya!!  " GAAMEEEEEEEEEEEEEEEEESSSS"!!!! , dan dengan semangat satu-persatu jenis games disebutkan  saat itu perasaan saya bercampur aduk  sedih,...miris. prihatin.....ingin menangis rasanya.....karena tadinya berharap bukan itu jawabanya.( ya Allah mudahkanlah hamba dalam memberikan bimbingan dan motivasi kpd mereka ).....sambil tersenyum kupandangi mereka.....adakah yg salah......??? mengapa dan ada apa dengan semua ini...??? mengapa mereka lebih tertarik kepada permainan ?? mengapa mereka bisa berlama-lama untuk main games dan kadang2 sampai waktu sholat terlewat?? mengapa mereka rela menabung ( kadang2 uang jajannya) hanya untuk ke warnet dan asyik dgn gamesnya??............ach...biarlah ....tanya itu waktu  yg akan  menjawabnya.
     Pada  saat itu...terlintas dalam ingatan tentang kisah seorang penulis/pengarang dengan komunitasnya yg dikenal dengan " RUMAH DUNIA" yg berhasil membangun kesadaran, menebarkan harapan2, mewujukan mimpi2 lewat membaca dan menulis kpd anak2 kampung di lingkungan sekitar rumahnya......sehingga dari anak-anak kampung itu terlahir karya-karya yg luar biasa...........akhirnya kisah ini ku ceritakan kepada mereka............Subhanallah .....mereka semua menyimak dan mendengarkan ceritaku dengan antusias....tak terasa bel,,,,berbunyi tanda usai pelajaran  cerita pun diakhiri .....tapi mereka semua berkata "...lanjutin  dong ceritanya...bu....." saya katakan " nanti lagi.....ya khan masih ada waktu " mereka bersuara "..yach bu kalo nanti nggak seru "!!
Duch....senengnya.....Ya Allah ternyata mereka adalah anak2 yg luar biasa....buktinya mereka masih mau mendengarkan  dengan antusias cerita saya.....mudah-mudahan ini awal yg baik...untuk bisa membangkitkan  semangat dan motivasi mereka agar mencintai budaya membaca...tak ada kata terlambat,...untuk memulai sesuatu yg baik.( PR-nya nambah lagi.dech.....harus punya stok cerita yg banyaak)

Thanks to : Gola Gong atas inspirasinya

Villa Makmur 2, Ahad 23 Januari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar